PENTINGNYA PENDIDIKAN PRA SEKOLAH

PENTINGNYA PENDIDIKAN PRA SEKOLAH, TK(PAUD) dan SD

Masa pra sekolah menurut Munandar(1992) merupakan masa – masa untuk bermain dan mulai memasuki taman kanak – kanak. Waktu bermain merupakan sarana untuk tumbuh dalam lingkungan dn kesiapannya dalam belajar formal ( Gunarsa 2004 ). Pada tahap perkembangan anak usia pra sekolah ini, anak mulai menguasai berbagai keterampilan fisik,bahasa dan anakpun mulai memiliki rasa percaya diri dan mengeksplorasikan kemandiriannya( Hurlock,1997). Pendidikan prasekolah merupakan suatu pola pendidikan formal dan informal yang dilakukan dari usia lahir sampai 6 tahun sebelum memasuki usia sekolah dasar. Pendidikan pra sekolah seperti play group/ TK adalah untuk membantu meletakkan dasar kearah perkembangan sikap,pengetahuan,keterampilan,dan dayacipta yang diperlukan anak – anak didik dlam dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan untuk pertumbuhan dan perkembangan selanjutnya dan memberikan imajinasi dan wawasan serta rangsangan sensorik dan motorik otak agar tumbuh dan berkembang dengan baik untuk menempuh dan persiapan kejenjang pendidikan dasar. Pendidikan anak usia dini adalah jenjang pendidikan sebelum pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditunjukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan. Jasmani dan rohani.
Fungsi dari taman kanak- kanak:
• Mengenalkan peraturan – peraturan dan menanamkan disiplin pada anak.
• Mengenalkan anak dengan dunia sekitar
• Menumbuhkan sikap dan perilaku yang baik
• Mengembangkan kemampuan berkomunikasi dan bersosialissi.
• Mengembangkan keterampilan , kreatifitas dan kemampuan yang dimiliki.
• Menyiapkan anak untuk memasuki pendidikan dasar.
Tujuan dari pendidikan taman kanak – kanak yaitu:
Membantu anak didik mengembangkan berbagai potensi baik fisik maupun psikis yang meliputi moral dan nili – nilai agama ,social emosional, kognitif,bahasa ,fisik/motorik,kemandirian dan seni,untuk memasui pendidikan dasar.
Adapun tujuan dari bimbingan ditaman kanak – kanak yaitu :
• Membantu anak lebih mengenal dirinya ,kemampuanya,sifat- sifatnya ,kebiasaan dan kesenangannya.
• Membantu anak mengembangkan potensi yang dimilikinya.
• Membantu anak mengatasi kesulitan yang dihadapi.
• Membantu anak menyiapkan perkembangan mental dan social untu masuk kelembaga pendidikanselanjutnya.
• Membantu orang tua agar memahami dan menerima anak sebagai individu
• Membantu orang tua mengatasi gangguan emosi anak yang ada hubunganya dengan situasi keluaga dirumah.
• Membantu orang tua mengambil keputusan memilih sekolah bagi anaknya yang sesuai dengan taraf kemampuan intelektual,fisik, social dan emosional.
• Memberikan informasi pada orang tua untuk memecahkan masalah kesehatan anak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s